Mulai Lagi

Ternyata nyaris satu bulan saya belum posting di blog ini. Padahal, niat saya ketika memulai blog ini, saya akan menulis setiap hari. Dan sudah kesampaian. Meskipun tidak sedikit tulisannya yang postingan-nya back-date. Atau, tanggalnya dimundurkan. Alias, saya menulis hari ini untuk penerbitan kemarin.

Saya memang disibukkan mengisi blog yang lain: escapereaders.com. Selama dua pekan, setiap harinya saya posting di situ. Yang benar-benar di-posting hari itu juga. Bukan back-date.

Sebetulnya, yang bikin saya sibuk itu dua cerita bersambung itu: Jerapah – cerbung yang idenya pernah saya tulis di sini (baca: Di balik Jerapah ) – dan Kisah Cinta Tom Love.

Sama seperti Jerapah, Kisah Cinta Tom Love (KCTL) sudah selesai ditulis. Sudah sampai draft akhir. Kira-kira selesai tahun 2014/2015. Tapi setelah dibaca ulang, sepertinya banyak butuh perbaikan. Sangat banyak malah. Dan harus ditulis ulang.

Ternyata, prosesnya tidak gampang. Sebelum diputuskan untuk di-posting saja, saya menulis satu bab tambahan. Bab paling awal. Tapi tulisan yang hampir selesai itu kelihatannya hanya buang-buang waktu. Tidak terlalu berpengaruh pada cerita inti. Jadi  tidak perlu dimasukkan.

Ide cerita KCTL datang sudah lama. Asalnya dari hal kecil. Sangat kecil. Kejadiannya sekitar tahun 2007 waktu saya masih kerja sebagai Financial Advisor Bancassurance di AIG. Yang penempatannya di BCA Sunter Agung, dekat Rumah Sakit Hermina itu. Untuk menuju ke sana, saya biasa naik naik motor dan naik kereta. Kalau naik kereta, saya turun di Stasiun Pasar Senen, lalu lanjut naik Metromini sekitar 15-20 menit sampai Sunter.

Pernah saya naik di lokomotif kereta. Dari Stasiun Pasar Senen sampai Stasiun Jatinegara. Di atas lokomotif itu saya kenalan sama laki-laki yang usianya sepantaran saya. Atau, lebih tua. Ada yang menarik sewaktu berkenalan. Nama orang itu unik. Lalu dari nama itulah muncul ide buat dibikinin cerita. Entah cerita apa. Tapi saya sudah punya referensi cerita serupa. Yang temanya seputar nama unik. Anda mungkin tahu bukunya. Judulnya: Life of Pi. Pi-nya itu nama tokoh utamanya. Panggilan dari nama lengkapnya: Piscine Molitor Patel. Nama Piscine-nya itulah yang sering diplesetkan jadi Pissing (pipis).

Tentunya, saya tidak pakai nama orang itu. Karena sepertinya tidak sedikit orang yang bernama sama. Hanya, saya saja yang belum tahu. Karena itu namanya saya ubah jadi lebih unik lagi. Nama yang tidak umum dan lucu. KCTL memang cerita lucu, namun dibuat sedikit serius. Anda bisa baca kisahnya di sini. >> Kisah Cinta Tom Love <<

Hal lain yang membuat saya tidak menyentuh blog ini adalah adik saya dan keluarganya kena Covid 19. Satu-satunya yang tidak kena anak bungsunya. Yang dititipkan di rumah tante istrinya. Saya dan dua adik saya yang lain bolak-balik mengantar kebutuhan isomannya.

Bagaimanapun, hari ini, di hari Lebaran Kurban ini, saya mulai menulis lagi. Semoga saja bisa posting (lagi) setiap hari. Atau, setidaknya dua hari sekali. Atau, kalau tidak, posting-nya mingguan. Atau, … bulanan?

Leave a Reply