Sibuk Dua Hari

Dua hari belakangan disibukkan betulin web perusahaan milik teman. Awalnya tidak bisa login ke admin. Di hari Kamis itu. Muncul pop-up ada masalah di cookie. Cookie-nya dibersihkan, tapi masih tetap tidak bisa masuk. Pakai akun cadangan pun tetap tidak masuk.

Cara lain: ubah password login lewat phpMyAdmin di Cpanel. Tapi tetap tidak bisa.

Cari di google. Katanya ada masalah di plugin atau di tema.

Ternyata bisa login lewat wordpress.com. Akses dari Jetpack. Login juga lewat aplikasi wordpress di hape. Ganti tema ke Twenty-One. Sukses. Tapi masih belum bisa login ke admin lewat jalur biasa. Yang wp-admin itu. Ganti tema lagi. Tema apa saja. Malah makin hancur. Halaman utamanya jadi ganti. Gak jelas. Harusnya tidak usah diganti saja.

Diagnosis lain: masalah di plugin. Akhirnya semua plugin dihapus lewat Cpanel. Namun, masih belum bisa masuk juga ke dashboard admin.

Ugh, apa yang salah?

Lihat log error: ternyata error-nya memang sudah lama dan masalahnya di plugin. Tapi baru kali ini tidak bisa masuk admin.

Putus asa?

Tidak.

Coba lagi masuk lagi lewat akun cadangan. Pakai password lama. Berhasil!

Sial, kenapa tidak dari awal?

Di dashboard banyak catatan (notice) error. Terpaksa, wordpress harus diinstal ulang.

Alhamdulillah, semua artikel masih utuh. Di-copy semuanya lalu dipindahkan ke Ms. Word. Termasuk foto-foto dan yang paling penting, link address-nya. Butuh waktu seharian.

Hari Jumat sudah diinstal ulang. Sudah punya tema. Sudah instal plugin. Tapi website masih belum bisa diakses. Masih Under Construction.

Sabtunya sebagian besar artikel sudah bisa di-upload. Website pun sudah bisa diakses. Alhamdulillah.

Leave a Reply